1.Ketua Lembaga Pemantau Lingkungan Hidup (LPLH) – Babel.

2.Ketua Forum Redam Korupsi (FORK) – Cabang Bangka Belitung.

Rabu, 21 Agustus 2013

Apa yang Terjadi Jika Ozon Tidak Dapat Menahan Sinar UV?

Bumi terdiri dari berbagai jenis lapisan mulai perut bumi maupun lapisan yang menjadi pelindung bumi. Seperti apa kehidupan bumi ini jikalau tidak ada pelindungnya. Lapisan yang melindungi bumi dari pancaran sinar UV adalah lapisan ozon. Lalu apa yang terjadi jika ozon tidak dapat menahan radiasi sinar UV?

Lapisan ozon merupakan lapisan yang mengandung molekul-molekul ozon biasanya pada lapisan stratosfer. Sebenarnya ozon adalah gas yang sangat beracun namun itu berlaku apabila ozon berada dekat dengan permukaan di bumi.
*Manfaat Ozon*

Jika ozon berada pada tepat yang jauh dari permukaan tanah di bumi, maka akan sangat berguna yaitu untuk menyaring radiasi sinar UV supaya tidak membahayakan kehidupan di bumi.

Penipisan lapisan ozon, dapat terjadi akibat adanya zat kimia yang berasal dari bumi dan sampai pada lapisan ozon. Salah satu zat kimia yang dapat merusak ozon adalah CFC (Chloro Fluoro Carbon) yang ternyata terkendung pada pendingin ruangan, lemari es, dan penggunaan spray.

Ozon yang menipis memungkinkan lapisan ozon tidak dapat menahan lagi pancaran radiasi dari sinar matahari. Apabila radiasi sinar UV terutama UV-B sampai di bumi dan terkena langsung pada makhluk di bumi maka dapat merusak kehidupan di bumi.

Pancaran sinar UV-B berlebihan bagi manusia dapat menyebabkan kanker kulit, semakin banyaknya penderita katarak mata, dan adanya berbagai infeksi yang semakin meluas.

Bagi binatang juga memiliki dampak, terutama bagi kehidupan binatang laut. Ekosistem laut akan terganggu karena populasi terkecil seperti plankton dan ikan-ikan kecil lainnya dapat mati dengan mudah akibat
radiasi berintensitas tinggi karena plankton merupakan rantai makanan dasar bagi kehidupan laut.

Selain bagi makhluk hidup yang dapat berpindah-pindah, makhluk hidup yang tidak berpindah pun terkena dampak. Pada tumbuhan, intensitas pancaran sinar UV yang tinggi dapat menyebabkan proses fotosintesis
tidak berjalan dengan baik sehingga dapat terjadi gagal panen dan pertumbuhan yang tidak optimal.

Sebenarnya semua dampak tersebut tetap merugikan manusia sendiri. Ikan yang terganggu rantai makanannya juga dapat berdampak pada pertumbuhan dan perkembangbiakkan ikan. Sehingga nelayan akan kesulitan memperoleh ikan.

Sedangkan pada tumbuhan, para petani akan sedih dan rugi karena panennya gagal. Oleh karena itu sebaiknya manusia selalu menjaga lingkungan supaya apa yang terjadi jika ozon tidak dapat menahan radiasi dampaknya tidak terlalu besar.